PROFILE KOMISIONER KOORDINATOR BIDANG EDUKASI, SOSIALIASI DAN ADVOKASI

LUTFIYAH HANDAYANI, S.Sos.I.

Lutfiyah Handayani merupakan satu-satunya perempuan yang menjabat sebagai komisioner Komisi Informasi di Kota Cirebon. Mba Upi, demikian ia akrab disapa, merupakan seorang ibu dengan 2 orang anak. Menjadi seorang ibu tidak mengurangi langkahnya untuk terus beraktivitas di ranah publik. Ia terlibat aktif dalam berbagai gerakan perempuan terutama dalam gerakan penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Wilayah Cirebon. Pada tahun 2019, ia juga pernah mewakili aktivis perempuan muda Indonesia untuk mengikuti kursus singkat tentang kepemimpinan perempuan di Universitas Sidney, Australia.

Selain aktif dalam gerakan perempuan, ia mempunyai ketertarikan dalam bidang seni budaya, sastra, serta kepenulisan. Hal ini terlihat dalam beberapa organisasi yang pernah ia ikuti dan karya-karya yang dihasilkan. Sejak kuliah hingga sekarang, alumni jurusan Komunikasi Penyiaran Islam STAIN Cirebon (saat ini IAIN Cirebon) ini tercatat pernah mengikuti beberapa organisasi. Diantaranya yaitu pernah menjadi Pimpinan Litbang Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) FatsOen STAIN Cirebon, Ketua Umum Forum Mahasiswa Cirebon, Kabid Pemberdayaan Perempuan Masika ICMI Kota Cirebon, Anggota Lingkar Study Sastra Cirebon, dan Anggota Dewan Kesenian Cirebon.

Beberapa karyanya pernah diterbitkan dalam media lokal maupun nasional. Ia pernah menulis artikel budaya, sosial, dan politik di Kompassuplemen Jabar, Mitra Dialog (sekarang kabar cirebon), Radar Cirebon, dan Fajar Cirebon. Selain itu, ia juga menulis puisi dan beberapa karyanya diterbitkan di Majalah Sastra Horison, Pikiran Rakyat, dan Lampung Post.

Hingga saat ini, ia memiliki pengalaman bekerja di bidang media, penelitian, dan juga pekerja sosial di lembaga non pemerintah. Beberapa diantaranya yaitu ia pernah menjadi reporter di Mitra Dialog pada tahun 2007, Staff Peneliti “Lanskap Budaya” bersama ITB pada tahun 2013, petugas lapangan HIV-AIDS PKBI Kabupaten Cirebon pada 2017-2018, dan Manager Advokasi di WCC Mawar Balqis sebelum akhirnya menjadi Komisioner di Komisi Informasi Kota Cirebon.