PROFILE KETUA KOMISIONER KOMISI INFORMASI KOTA CIREBON

ADI ARIFUDIN, S.HADI ARIFUDIN, S.H

Bapak Adi Arifudin, S. H. atau yang akrab disapa Pak Adi merupakan Ketua Komisi Informasi Kota Cirebon Periode 2021-2025. Pak Adi menempuh pendidikan sarjananya di Jurusan Ilmu Hukum Universitas Swadaya Gunung Jati pada tahun 2001 hingga tahun 2007. Pada saat berkuliah, Pak Adi aktif di organisasi yang bernama BASIS, atau “Barisan Aksi Solidaritas Mahasiswa untuk Demokrasi.”

 Sebelum menjadi Ketua Komisi Informasi Kota Cirebon, seorang bapak yang lahir dan dibesarkan di Kota Cirebon ini berprofesi sebagai advokat. Beberapa pelatihan hukum pernah diikuti oleh Pak Adi baik pelatihan pada  skala lokal maupun nasional. Salah satunya pada saat masih berstatus menjadi mahasiswa, Pak Adi pernah  mengikuti Training Advokasi Hukum dan HAM yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Bandung (UNISBA) sekira pada tahun 2005.

Pada hari Rabu, 4 Agustus 2021 Pak Adi terpilih menjadi Ketua Komisi Informasi Kota Cirebon melalui mekanisme musyawarah yang dilakukan oleh 5 orang komisioner dengan voting tertutup.  Menurut Pak Adi, dalam menjalankan tugasnya sebagai Ketua Komisi Informasi Kota Cirebon, yang terpenting adalah tetap menjaga marwah dan integritas Komisi Informasi Kota Cirebon sesuai dengan mandat Undang-undang. Pak Adi juga menyampaikan, Sebagai lembaga yang melaksanakan undang-undang tentunya perlu bersinergi dengan semua pihak termasuk pemerintah dan masyarakat agar target dan program kerja tercapai optimal.