Workshop Keterbukaan Informasi, Upaya membumikan UU KIP

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) sudah berusia 8 tahun, sudah saatnya masyarakat memanfaatkan UU ini untuk mengawasi kebijakan publik yang dilakukan pemerintah melalui badan-badan publiknya,  tegas Komisioner KI Propinsi Jawa Barat Ijang Faisal dalam Workshop Keterbukaan Informasi di Gedung Bakorwil Cirebon, 26 Juli 2018.

Workshop mengundang berbagai 100 orang unsur masyarakat di Kota Cirebon dari kalangan LSM, Ormas,  Wartawan, Komunitas dan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat).

Workshop membahas implementasi UU Nomor 14 Tahun 2008, prosedur permohonan informasi dan penyelesaian sengketa informasi di Komisi Informasi. Salah satu segmen keterbukaan informasi yang menjadi sorotan adalah keterbukaan informasi di bidang pendidikan yang dipaparkan oleh narasumber Anne Friday Safaria  yang juga Komisioner KI Jawa Barat. Keterbukaan informasi meliputi kebijakan-kebijakan pendidikan maupun anggaran pendidikan.

Dalam upaya membumikan UU KIP Dr. Hj. Diah Fatma Sjoraida, SE, Msi menyebutkan diperlukanya edukasi bagi masyarakat seperti halnya workshop keterbukaan informasi ini. Beliau juga menjelaskan dampak bagi keterbukaan informasi publik adalah terwujudnya pelayanan publik yang lebih baik dan munculnya kepercayaan publik pada penyelenggara negara dan pemangku kebijakan publik. (noes)