SOSIALISASI KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI LINGKUNGAN PT KAI DAOP III CIREBON

Kesadaran PT KAI dalam menerapkan betapa pentingnya keterbukaan informasi publik dalam membangun performanya, rupanya tidak main-main. Dengan permohonan informasi mencapai tak kurang 300 permohonan informaai pertahun, sebagai BUMN rupanya cukup seksi.

Untuk melayani hal tersebut, PT KAI DAOP III Cirebon melaksanakan sosialisasi keterbukaan informasi bagi jajarannya pada tanggal 12 September 2019.

Untuk kali kedua, setelah tahun 2017 KI Kota Cirebon diundang sebagai narasumber. Ada sekitar 48 orang dari jajaran PT KAI DAOP III Cirebon yang hadir mengikuti kegiatan sosialisasi dengan antusias.

Wakil Ketua KI Kota Cirebon Nurhendra menyoroti tentang pentingnya Keterbukaan Informasi di lingkungan Badan Publik agar sesuai amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 sehingga pelayanan publik lebih transparan dan informatif.

Sementara Komisioner KI Kota Cirebon Toto Suharto menegaskan peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di era Keterbukaan Informasi Publik sangatlah strategis, sehingga perlu adanya pengembangan serta teknik dalam hal pelayanan informasi kepada publik oleh setiap satuan kerja di lingkungan PPID.

Sosialisasi dibuka oleh President PT KAI DAOP III Cirebon Tamsil Nurhamedi. Dalam kegiatan sosialisasi para peserta sangat antusias mengikuti. Salah satu bahasan adalah prosedur penyelesaian permohonan informasi publik yang sesuai dengan UU Nomor 14 Tahun 2008 agar semangat Keterbukaan Informasi Publik bisa sejalan dengan pelayanan PT KAI DAOP III Cirebon.

Apa yang dilaksanakan oleh PT KAI dalam memperkuat pemahaman dan implementasi UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik terhadap jajarannya, patut diapreasi dan ditiru oleh BUMN atau Badan Publik (BP) lainnya. Apalagi dilakukan sebagai inisiatif sendiri. (noes)