RAKERNIS KE-6 KOMISI INFORMASI Se-INDONESIA

       Komisi Informasi sebagai ujung tombak dari pelaksanaan UU KIP, perlu melakukan tindakan nyata terhadap isu-isu aktual terkait Keterbukaan Informasi di masyarakat baik di pusat maupun di daerah.  Pelaksanaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) ke-6 Komisi Informasi se-Indonesia yang dilaksanakan di Hotel Grand Savero  Bogor pada tanggal 1-3 September 2016, dilakukan dengan persiapan pembahasan isu-isi aktual terkait Keterbukaan Informasi pada Rapat Pimpinan Komisi Informasi se-Indonesia pada awal Agustus 2016.

      Rakernis ke-6 yang mengambil tema “Harmonisasi Pengarusutamaan Keterbukan Informasi” dihadiri oleh peserta +- 130 orang terdiri dari Komisioner Komisi Informasi Pusat, perwakilan Komisioner Komisi Informasi Provinsi, perwakilan Komisioner Komisi Informasi Kabupaten/kota, Tenaga ahli dan asisten ahli Komisi Informasi Pusat dan tenaga sekretariat Komisi Informasi Pusat.  Perwakilan dari Komisi Informasi Kota Cirebon dihadiri oleh 3 (tiga) orang komisioner, yaitu Drs. Nurhendra, AMKL, Toto Suharto,M,Si dan Mardeko, SP.,MM.

cimg7563            Perwakilan Komisioner KI Kota Cirebon Saat menghadiri Rakernis ke-6, dari kiri Toto Suharto,M.Si, Drs. Nurhendra,AMKL & Mardeko,SP.,MM

       Sebelumnya pada rapat pimpinan (Pra-Rakernis)  telah digali isu-isu yang sedang berkembang di daerah masing-masing sesuai dengan kearifan loal budaya untuk dirumuskan menjadi pokok pembahasan pada Rakernis ke-6.  Dalam Rakernis tersebut telah dibahas 3 (tiga) isu yang meliputi :

(1) Review UU KIP yang dikoordinir oleh Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat & Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta;

(2) Pengarusutamaan Isu Aktual Keterbukaan Informasi, yang dikoordinir oleh Komisi Informasi Sumatera Barat & Kalimantan Barat;

(3) Penguatan peran Komisi Informasi dalam Penyelenggaraan Demokrasi (Pemilu) yang dikoordinir oleh Komisi Informasi Provinsi Lampung & Komisi Informasi Provinsi DIY.

       Hasil dari Rakernis ke-6 diharapkan menjadi tolak ukur atau acuan sebagai roadmap menuju Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Informasi ke-7 yang akan berlangsung pada bulan Oktober 2017 di Provinsi Sumatera Selatan. (Mardeko)