PENGUATAN KAPASITAS KOMISIONER DAN SEKRETARIAT KI KOTA CIREBON DI BIDANG PSI DAN MEDIASI OLEH KI PUSAT

WhatsApp Image 2018-01-03 at 13.21.28Komisi Informasi, sesuai dengan UU 14/2008 Tentang Keterbukaan Informasi Bab I Pasal 1 ayat 4, bertugas menyelesaikan sengketa informasi publik (PSI)  melalui mediasi atau ajudikasi non ligitasi.

Oleh karenanya, dalam proses PSI ini, Komisi Informasi, melakukan berbagai kegiatan yang seperti halnya proses peradilan, ada pemeriksaan berkas, register sengketa, pemeriksaan, mediasi dan persidangan, baik oleh Majelis Komisioner maupun kepaniteraan Komisi Informasi.

Dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut dibutuhkan keahlian, pengetahuan, dan kecakapan. Oleh karena itulah, maka pada tanggal 01-02 November 2017 lalu, bertempat di ruang serbaguna Komisi Informasi Kota Cirebon diselenggarakan Bimbingan Teknis PSI dan Mediasi yang dilaksanakan berkat kerjasama KI Kota Cirebon dan KI Pusat. Bimtek ini selain diikuti oleh seluruh Komisioner dan Sekretariat KI Kota Cirebon, juga diikuti oleh KI Kabupaten Cirebon.

WhatsApp Image 2017-12-12 at 09.09.25Dalam paparannya, mengawali kegiatan, Komisioner Komisi Informasi (KI) Pusat Henny S. Widyaningsih mengatakan bahwa perlunya kepiawaian mengelola persidangan oleh  Majelis Komisioner dalam melaksanakan tugasnya, selain soal teknis tetapi kemampuan bernalar, terutama ketika melakukan pemeriksaan. Salah satu indikator, kualitas Majelis Komisioner, sesungguhnya ada di hasil putusan-putusannya, terutama apakah benar-benar menegakkan semangat keterbukaan informasi atau tidak.

Sementara, Fathul Ulum, narasumber TA (Tenaga Ahli) KI Pusat, Majelis Komisioner perlu jam terbang dalam melaksanakan persidangan, trik-trik memeriksa dan memberikan pertanyaan, selain bisa dipelajari juga harus sering dilatih.

Sementara Agus Wijayanto Nugroho, narasumber TA KI Pusat lainnya, menekankan pentingnya menjaga netralitas mediator. Baik dari sisi posisioning, timing, gestur dan tatanan berbicara ketika memimpin proses mediasi.

Para peserta sangat antusias  mengikuti Bimtek tersebut, hal itu terlihat proses Bimtek berlangsung interaktif, banyak pertanyaan yang dilontarkan peserta terkait PSI dan Mediasi. ****