PEMERINGKATAN KETERBUKAAN INFORMASI YANG KE-1 TAHUN 2019, MOMENTUM PENINGKATAN PELAYANAN INFORMASI BADAN PUBLIK PEMKOT CIREBON

Keterbukaan Informasi Publik adalah keniscayaan, ditengah makin kritisnya masyarakat dan makin terbukanya akses informasi. Dalam hal ini, sebagai pelaksanaan dan penerapan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dilingkungan Badan Publik Kota Cirebon, Komisi Informasi (KI) Kota Cirebon dan DKIS (Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik) Kota Cirebon melakukan monitoring dan evaluasi pelayanan Informasi Publik di 36 Badan Publik (BP) Pemkot Cirebon, yang terdiri dari 5 BUMD, 5 kecamatan, 2 Kantor, 24 Dinas dan Badan. Sekaligus melakukan pemeringkatan yang hasilnya akan diumumkan pada perayaan Ultah Kota Cirebon September 2019 nanti. “ Kegiatan ini untuk pertamakalinya dilaksanakan di Kota Cirebon, sebagai wujud kesungguhan kami (Pemkot Kota Cirebon) dalam mewujudkan transparansi dalam pelayanan Informasi Publik” jelas Rasyid Adianto, S.Sos sebagai PPID Utama Pemkot Cirebon.

Kegiatan ini bisa menjadi momentum, agar Badan Publik menyiapkan dan memperbaiki kualitas pelayanan informasi publiknya.” Hal senada juga disampaiikan oleh Ketua KI Kota Cirebon Erlinus Thahar, “Kami sangat mensuport kegiatan ini, karena memang sudah ditunggu banyak pihak, untuk bisa mengukur standar kualitas pelayanan informasi Publik di lingkungan Badan Publik Kota Cirebon. Semoga bisa menjadi agenda tahunan, untuk mewujudkan penyelenggaran pemerintahan yang transparan dan akuntabel”.

 

Adapun penilaian meliputi sarana dan prasarana, konten website diantaranya Informasi Publik yang ditampilkan di website dan sebagainya. Kegiatan Monev dan pemeringkatan tersebut dilaksanakan oleh Tim yang dibentuk oleh KI Kota Cirebon dan DKIS Kota Cirebon yang mendatangi 36 SKPD atau Badan Publik Kota Cirebon sejak 9 Juli 2019 hingga 20 Agustus 2019. (noes)