KUNJUNGAN KI KABUPATEN CIREBON, MENJAGA KOMITMEN KETERBUKAAN INFORMASI DI DAERAH

Di Indonesia, Komisi Informasi untuk tingkat Provinsi mencapai 30 Provinsi dari 33 Provinsi. Sementara untuk tingkat Kabupaten/Kota baru ada 5, yaitu Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon dan Kabupaten Toli-Toli.  Opsi “jika dibutuhkan” dalam Pasal 24 Ayat 1 UU No. 14 Tahun 2008, mengakibatkan tidak semua Kabupaten/Kota membentuk Komisi Informasi di daerahnya masing-masing. Sementara yang merencanakan untuk membentuk sesungguhnya sudah banyak juga. Jika dihitung berdasarkan kunjungan beberapa daerah yang melakukan kunjungan ke KI Kota Cirebon adalah Jambi, Banten dan Bandung, sudah menyatakan akan membentuk.

Political will Kepala Daerah dan DPRD sangat menentukan sekali dalam menjaga eksistensi Komisi Informasi (KI) baik di Propinsi maupun Kabupaten/Kota. Bagaimana tidak, dana operasional Komisi Informasi di daerah, sepenuhnya dibiayai oleh ABPD sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 ayat 6 UU No.14 Tahun 2008, dimana penentu kebijakannya adalah Kepala Daerah dan DPRD.

Hal inilah yang dialami oleh KI Kabupaten Cirebon, sebagaimana yang terungkap dalam kunjungannya ke Kantor KI Kota Cirebon Kamis, 19 Juli 2018. Meski usia pembentukannya tidak berselang lama dengan KI Kota Cirebon,  soal pendanaan dan dukungan Pemkab Cirebon masih dianggap minim.

Namun hal itu tidak mengurangi semangat para Komisioner KI Kabupaten Cirebon, sebagaimana yang diungkapkan oleh Ketua KI Kabupaten Cirebon Tatang Suwardi yang didampingi empat Komisioner lainnya, Eris Suhendi, Ahmad Yusron, Tati Suharti dan Sayidi dan 2 orang dari Sekretariat KI Kabupaten Cirebon. Walaupun dengan  dukungan minim, KI Kabupaten Cirebon telah menyelesaikan 10 kasus untuk periode kedua ini yang baru dilantik 22 Januari 2018 lalu. Dijelaskan juga oleh Tatang, bahwa berkat upaya-upaya semua pihak, dalam anggaran selanjutnya, pihak Pemkab sudah berjanji untuk meningkatkan pagu anggarannya.

Dalam kunjungan tersebut, dibahas berbagai hal penanganan penyelesaian sengketa, pengelolaan anggaran dan penyusunan program kerja.

Kunjungan ini disambut langsung okeh Ketua KI Kota Cirebon Erlinus Thahar didampingi 4 komisioner lainnya, Nuryani, Nurhendra, Dadang Suherman dan Toto Suharto. Kegiatan dipandu dengan baik oleh Catur Wulan dari Sekretariat KI Kota Cirebon.

Dari kegiatan ini diharapkan menjadi moment kolaborasi yang baik dalam mendorong keterbukaan informasi di seantero Cirebon dan sekitarnya. (noes)