Komisi Informasi (KI) Provinsi Jambi Studi Banding Ke KI Kota Cirebon

okSemangat keterbukaan informasi yang makin meningkat di kalangan masyarakat, telah mendorong Komisi Informasi Provinsi Jambi untuk segera membentuk Komisi Informasi tingkat Kota dan Kabupaten di wilayah Provinsi Jambi.

Hal itulah yang disampaikan oleh  Wakil Ketua Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jambi Budi Alfian di Ruang Sidang Komisi Informasi Kota Cirebon (16/3) ketika menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan ke Komisi Informasi Kota Cirebon. Banyaknya sengketa  informasi yang masuk ke Komisi Informasi Provinsi Jambi membuat Komisi Informasi Provinsi Jambi berniat menginisiasi pembentukan Komisi Informasi Kabupaten Kota di Provinsi Jambi. Komisi Informasi Kota Cirebon dipilih karena menurut penilaian Komisi Informasi Provinsi Jambi merupakan satu-satunya Kota di Indonesia yang memiliki Komisi Informasi.

Dalam proses pembentukan Komisi Informasi Kota Cirebon, menurut Ketua Komisi Informasi Kota Cirebon Erlinus Thahar, yang paling penting adalah niat baik Pemerintaah  dan DPRD Kota Cirebon dalam mewuujudkan keterbukaan informasi di Kota Cirebon. Karena Kota Cirebon mengalami perkembangan pesat dalam berbagai hal dan perlunya peningkatan pengawasan publik terhadadap kebijakan publik, maka membentuk Komisi Informasi Kota Cirebon adalah salah satu wujud komitmen implementasi UU No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.