KI Kota Cirebon Selenggarakan Sosialisasi UU KIP

       Bertepatan dengan peringatan Hari Hak Untuk Tahu se-dunia (Right to Know Day) yang jatuh setiap tanggal 28 September.  Komisi Informasi Kota Cirebon (KI Kota Cirebon) menyelenggarakan Sosialisasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) pada Hari Kamis, (28/9)  kepada Jajaran PPID Pembantu di Badan Publik Pemerintah dan  PPID pada Badan Publik Non Pemerintah di Kota Cirebon.  Tema sosialisasi yang diambil dalam kegiatan ini “Optimalisasi Peran PPID Dalam Pengelolaan Pelayanan Informasi Publik dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintahan Daerah Kota Cirebon”.

       Dalam kegiatan sosialisasi tersebut menghadirkan Narasumber Ir. Vicky Sunarya selaku PPID Utama Badan Publik Pemerintah Kota Cirebon dan para komisioner Komisi Informasi  Daerah Kota Cirebon.  Dalam kata sambutannya pada acara pembukaan, Kepala Dinas Perhubungan, Informatika dan Komunikasi Kota Cirebon Drs. H. Atang Dahlan,M.Si, mengatakan Kehadiran UU KIP memiliki konsekuensi bahwa setiap badan publik tidak lagi berwenang menyembunyikan beragam informasi publik kepada masyarakat kecuali kategori informasi yang dirahasiakan. Pelayanan informasi yang prima akan mendorong partisipasi masyarakat yang selanjutnya akan mendorong akuntabilitas pejabat publik maupun kebijakan-kebijakan yang dikeluarkannya.

cimg7682       Kegiatan sosialisasi ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi (ASE) KI Daerah Kota Cirebon.  Semoga kegiatan ini bisa mendorong keterbukaan informasi di Kota Cirebon.  Saat ini masyarakat sudah semakin sadar akan hak-haknya  dalam mendapatkan informasi sehingga harus diimbangi dengan kemampuan dan pelayanan yang lebih baik bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).  Jika hal ini tidak dilakukan tentu saja akan berujung pada sengketa informasi di Komisi Informasi. (Mardeko/KKI  ASE).